Kamis, 12 Februari 2015

Materi TIK BAB V Email

BAB V
EMAIL
A.Sejarah E-mail
Sejarah e-mail dimulai pada tahun 1960-an. Dimana pada zaman itu internet belum muncul dan mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah dapat digunakan oleh pengguna internet, sehingga menyebabkan perusahaan yang melayani jasa pos menurun penghasilannya dikarenakan masyarakat sudah beralih menggunakan surat elektronik atau e-mail untuk berkomunikasi jarak jauh.
B.Pengertian E-mail
E-mail (Electronic Mail) adalah fasilitas yang digunakan sebagai sarana untuk mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) kepada dan dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, selain itu mengirim surat dapat menyertai file sebagai lampiran (attachmant). Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat, informasi yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah gmail.com, yahoo.com, plasa.com dll.
C.Jenis-Jenis E-mail
  1. E-mail Berbasis Web
E-mail ini merupakan e-mail yang ditawarkan berbagai situs seperti YAHOO, HOT MAIL, LOVEMAIL,dan lain-lain.E-mail ini disediakan secara gratis oleh sebuah web site untuk menarik pengunjung, karena masih dalam layanan WWW, maka untuk mengakses e-mail ini kita memerlukan web browser.Ciri-ciri e-mail ini adalah :
a.Gratis
b.Dapat diakses melalui web browser
c.Membaca dan mengirim e-mail harus dalam keadaan online.
  1. E-mail POP 3
Jenis e-mail ini bagi yang berlangganan ISP dapat menggunakan e-mail ini.Ciri-ciri e-mail ini:
a.Ada yang membayar dan ada yang gratis
b.Membaca e-mail dapat dilakukan secara offline
c. Dapat diakses melalui program aplikasi e-mail client.
Kelemahan e-mail ini adalah tidak bisa mengecek e-mail dari sembarang tempat.
  1. E-mail Forwarding
E-mail ini merupakan layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang dikirimkan kepadanya ke account e-mail yang lain.Ciri-ciri e-mail ini adalah :
a.Kita dapat menyembunyikan e-mail yang sesungguhnya
b.Kita bisa tidak memberi tahu e-mail yang baru.
Langkah-langkah membuat e-mail adalah :
1.Kita buka program mozilla
2. Kita membuka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up"
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita 6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email.
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree"
8. Klik "Submit"
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com

Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara, :
1.     Buka email kita
2.    Klik compose atau tulis
3.    Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan composeterdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4.    Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5.    Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6.    Klik attac file
7.    Klik continue message
8.    Klik Send.
Beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list. Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai account email/alamat email yang digunakan untuk mengirim dan menerima email.

D.Manfaat Email
  1. Digunakan secara efektif untuk keperluan surat menyurat
  2. Digunakan secara efisien untuk mengirim lembar dokumen dengan jumlah yang banyak
  3. Lebih fleksibel
  4. Dijadikan sebagai ajang diskusi
  5. Sebagai sarana untuk mengirim lampiran kerja
  6. Sebagai tanda identitas diinternet ketika mengakses informasi di lewat internet
  7. Sebagai media untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik
E.Kelebihan dan kekurangan email
  1. Kelebihan email :
a.Mudah
b.Cepat
c.Murah
d.Multiple send
e.Dapat mengirimkan file dalam proses pengiriman email.
  1. Kekurangan email :
aDalam proses pengiriman komputer dalam posisi online
b.Pengiriman lampiran file hanya berwujud teks atau gambar
c.Email dapat menyebarkan virus jika tidak hati-hati
d.Pengirim harus mengingat user name dan password.
F.Membalas Email.
  1. Klik tombol inbox lalu klik pada bagian nama pengirim
  2. Kemudian klik tombol replay.
  3. Kirim email balasan dengan menggunakan tombol send.
G.Mengelola Email.
Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengelola email adalah dengan membuat folder khusus dan memindahkannya kedalam folder tersebut.Beberapa hal yang harus diwaspadai ketika menerima email diantaranya:
  1. Adware dan spyware merupakan program aplikasi atau bisa juga bereupa iklan yang muncul secara tiba-tiba.
  2. Phishing merupakan email spam yang bertujuan untuk memancing pengguna dalam kategori kasus penipuan.
  3. Worm merupakan program yang dapat menggandakan dirinya sendiri dengan menggunakan media komputer.

Menggunakan Layanan Email

Berikut adalah cara cara dalam menggunakan layanan email

- Cara mendaftar ke server email

  1. Buka browser anda (Chrome, Mozilla,dll)
  2. Ketik alamat situs penyedia jasa email ( Gmail.com atau Yahoo.com ) pada address bar lalu enter
  3. Klik link sign Up atau daftar
  4. Isi identitas anda pada formulir yang disediakan
  5. Klik tombol I Agree atau Create my Accounts
  6. Lalu Klik Tombol Continue
  7. Email sudah Bisa digunakan

- Bagaimana Cara Masuk ke Server Email ?

  1. Buka Browser (Chrome, mozilla, dll)
  2. Ketik Alamat situs penyedia jasa email (yahoo ataupun Gmail) pada address bar lalu enter
  3. Klik link Sign in atau Masuk
  4. Isi Id email, password, dan kode keamanan (Captcha) pada textbox yang disediakan
  5. Klik tombol sign in atau masuk
  6. Klik mail

- Bagaimana Cara Keluar dari server email ?

Caranya yakni klik link Sign Out atau Keluar pada halaman Web.

- Cara Membuat dan Mengirim email

  1. Masuk ke server email lalu menuju layanan Email
  2. Klik Compose.
  3. Isi Formulir email yang sudah disediakan
  4. Klik Send atau kirim

- Cara Membuka dan Membaca email Masuk

  1. Klik Chek Mail / Inbox
  2. Klik judul email yang masuk (terkdang di tandai dengan icon)
  3. Baca isi email tersebut

- Cara membalas Email

  1. Buka email yang akan dibalas
  2. Klik TOmbol Reply
  3. Isi Formulir email yang sudah disediakan
  4. lalu Klik send atau kirim

- Cara Melampirkan sebuah file ke email

  1. Pada saat mengisi formulir email klik tombol Attach files.
  2. Klik tombol browse
  3. Pilih file yang akan dilampirkan (file gambar, file document, dan file lainya,) Ukuran file terkadang terbatas
  4. Klik tombol attach files.
  5. Klik tombol Countinue to message.

- Cara Mengunduh Lampiran file di Email

  1. Buka Email yang lampirannya akan diunduh.
  2. Klik nama file yang akan diunduh pada Atachment
  3. Klik tombol Download Attachment
  4. Klik tombol save
  5. Pilih folder yang digunakan untuk menyimpan file lampiran tersebut
  6. Klik tombol Save.

- Cara Menghapus Email

  1. Masuk ke folder email yang akan dihapus
  2. Beri tanda centang email yang akan dihapus
  3. Klik Del , atau Icon tong sampah

Bagaimana dengan cara cara tersebut mudah sekali bukan ? , tentunya cara tersebut sesuai dengan kurikulum, mengirim email sekarang jauh lebih mudah dan terkadang jasa penyedia pengiriman email tersebut lebih berkembang dan mudah digunakan.

Berbagai Istilah yang Ada pada penggunaan Email

  1. Sign Up : yaitu mendaftar sebagai pengguna layanan email suatu server email
  2. Sign In : Masuk ke server email
  3. Sign Out : Keluar dari server email
  4. Compose atau Create : Membuat Email baru
  5. Check mail : memeriksa email yang masuk
  6. Attachment : Lampiran email berupa file
  7. Reply : Membalas email ke pengirim
  8. Forward : Meneruskan email ke alamat email orang lain
  9. Send : Mengirim Email
  10. Delete : Menghapus Email
  11. Mark As Spam : Menandai pengirim surat atau surat masuk tersebut sebagai spam.
  12. Cc / Carbon Copy : Daftar penerima surat dimana masing masing penerima menerima daftar penerima surat
  13. Bcc / Clind carbon copy : daftar penerma surat di mana masing masing penerima tidak menerima daftar penerima surat.
  14. Inbox : Folder yang berisi email masuk, dan email baru / lama
  15. Outbox : Folder yang berisi email yang dikirim keluar
  16. Sent : Folder yang berisi email yang terkirim ke luar
  17. Draft : Folder yang berisi karangan email berbentuk draft, (draft masih bisa di edit lagi, sebelum dikrim)
  18. Download Attachment : Menyimpan lampiran ke komputer local
A.    MAILINGLIST
Milis atau mailing list atau groups adalah fasilitas di Internet untuk mendistribusikan email ke pengguna yang menjadi anggota milis. Milis berisi sebuah daftar alamat alamat email para anggotanya. Syarat mendaftar milis adalah memiliki alamat email.

Alamat milis terdiri atas Id millis, tanda @ dan domain milis. Id terdiri atas huruf, angka, titik serta garis bawah. id tidak boleh diawali dan aidakhiri dengan tanda baca. Domain milis merupakan nama situs yang menyediakan jasa milis gratis, ditulis tanpa menggunakan awalan WWW. Contoh alamat milis adalah : kotakmilis@yahoogroups.com. Kotak milis merupakan Id milis, sedangkan Yahoogroups.com merupakan domain milis.

Alamat mendaftar milis ditambahkan "-subscribe" pada id milis, contohnya : kotakmilis-subsribe@yahoogroups.com, alamat keluar keanggotaan milis ditambahkan dengan "-unsubscribe" pada Id milis, dan menjadi seperti ini : kotakmilis-unsubscribe@yahoogroups.com.

A.  Istilah Istilah Pada penggunaan Milis

Berikut adalah istilah istilah yang umum digunakan pada penggunaan Milis
  1. Subscribe / join : artinya bergabung menjadi anggota milis
  2. Unsubscribe / Leave : Artinya keluar dari keanggotaan milis.
  3. Invite : Mengundang orang lain untuk bergabung ke milis.

B.Menggunakan Layanan Milis

C. Bagaimana cara Membuat Milis

  1. Buka web browser kamu
  2. ketik alamat situs penyedia jasa milis Seperti www.yahoogroups.com, anda ketik pada addres bar lalu enter.
  3. Klik sign in atau masuk
  4. Klik link Create a group
  5. Pilihlah letak kategori milis
  6. Klik tombol Place my group here
  7. Isi identitas milis pada formulir yang telah disediakan
  8. Lalu klik Continue

A.  Bagiaman mendaftar ke Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. isi "to" dengan alamat pendaftaran milis
  3. Klik "send:
  4. buka email balasan
  5. Klik link konfirmasi yang telah didapat

B.  Bagaimana cara mengirim email ke Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. isi "to" dengan alamat milis
  3. lalu klik "send"

C.  Bagaimana Keluar dari kenaggotaan Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. Isi "to" dengan alamat keluar dari milis.
  3. Klik "send"
  4. Buka email balasan
  5. Klik link konfirmasi tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar